Berdasarkan informasi yang diambil dari situs SIM GPO kepada seluruh Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas se-Indonesia, bahwa sesuai jadwal data peserta pretest PKB 2017 telah ditetapkan berdasarkan data cut off hingga 31 Juli 2017 pada pukul 23.59 WIB. Selanjutnya proses penjadwalan dan pelaksanaan pre tes dilakukan oleh Admin Propinsi dan Admin Kab/Kota selama bulan Agustus 2017. Bagi peserta pre test yang telah dijadwalkan oleh Admin Propinsi dan Admin Kab/ Kota akan diinfokan pada dasbor akun masing-masing.
Kisi-kisi pretest SIM PKB 2017 untuk semua mata pelajaran dan jenjang dapat dilihat pada masing-masing akun SIM PKB. Adapun kisi-kisi pretest SIM PKB 2017 untuk mata pelajaran Kimia SMA adalah sebagai berikut:
Kisi-kisi pretest SIM PKB 2017 untuk semua mata pelajaran dan jenjang dapat dilihat pada masing-masing akun SIM PKB. Adapun kisi-kisi pretest SIM PKB 2017 untuk mata pelajaran Kimia SMA adalah sebagai berikut:
Baca juga:
Download Kisi-Kisi Soal Pretest UKG GPO 2017 Mata Pelajaran Kimia SMA dan SMKDownload Modul Pretest UKG PKB 2017 Mata Pelajaran Kimia Tingkat SMA/MA
Kisi-Kisi Pretest SIM PKB 2017 Mata Pelajaran Kimia SMK Teknologi dan Rekayasa
No | deskripsi kompetensi inti | deskripsi guru mapel / keahlian | deskripsi indikator | Jenis |
1 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirnya | pedagogik |
2 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | menentukan kesulitan belajar | pedagogik |
3 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terpadu | pedagogik |
4 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (0) | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan | Mengidentifikasi pengalaman belajar Fisika/kimia/biologi sesuai dengan pendekatan saintifik | pedagogik |
5 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (0) | Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menentukan materi ajar kimia yang sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia | pedagogik |
6 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan | Menyebutkan prinsip-prinsip penyusunan RPP sesuai Permendikbud nomor 103 Tahun 2014 | pedagogik |
7 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan (0) | Menentukan cara yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik kimia (0) | pedagogik |
8 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | Menentukan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran | pedagogik |
9 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu | Menentukan media TIK yang sesuai topik kimia dalam pembelajaran (0) | pedagogik |
10 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal | Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi secara optimal | pedagogik |
11 | Menyeleng garakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per | Mengidentifikasi kegiatan yang menunjukkan reaksi guru yang mendidik terhadap respon peserta didik | pedagogik |
12 | Menyeleng garakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan aspek-aspek hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran biologi, fisika, kimia | pedagogik |
13 | Menyeleng garakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Menyusun butir soal ranah pengetahuan mata pelajaran biologi, fisika, kimia | pedagogik |
14 | Menyeleng garakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Mengevaluasi data hasil analisis penilaian proses belajar aspek sikap | pedagogik |
15 | Memanfaat kan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | Menentukan tindak lanjut pembelajaran berdasarkan kajian hasil penilaian pengetahuan | pedagogik |
16 | Memanfaat kan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan | Menyusun laporan hasil penilaian dan evaluasi hasil belajar biologi, fisika, kimia | pedagogik |
17 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Menentukan beberapa manfaat penelitian tindakan kelas | pedagogik |
18 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Membuat rancangan tindakan yang akan dilaksanakan pada penelitian tindakan kelas (0) | pedagogik |
19 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami sejarah perkembangan IPA pada umumnya khususnya kimia dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut | Mendeskripsikan perkembangan model atom | profesional |
20 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan konfigurasi elektron atom atau ion suatu unsur pada ion kompleks | profesional |
21 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan grafik yang menunjukkan kecenderungan sifat periodik unsur | profesional |
22 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Mengidentifikasi ikatan ion, kovalen, kovalen koordinasi pada suatu senyawa (0) | profesional |
23 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori VSPER (0) | profesional |
24 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan gaya antar molekul dari data sifat fisik molekulnya | profesional |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan kadar unsur dalam suatu senyawa | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan massa zat atau volum gas menggunakan konsep massa molar dan volume molar gas | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menentukan rumus senyawa anhidrat yang dihasilkan suatu proses pemanasan | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | Menghubungkan konsep mol, hukum dasar kimia dan persamaan reaksi untuk menyelesaikan perhitungan kimia | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel |
Menyetarakan persamaan reaksi redoks
profesional
30
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan proses pada sel volta berdasarkan data potensial
reduksi standar
reduksi standar
profesional
31
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menghitung waktu atau massa zat pada suatu raksi elektrolisis
menggunakan hukum Faraday
menggunakan hukum Faraday
profesional
32
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan perubahan entalpi berdasarkan Kalorimeter
profesional
33
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menghitung kalor pembentukan berdasarkan Hukum Hess
profesional
34
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menghitung perubahan entalpi berdasarkan data energi ikatan
profesional
35
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi reaksi berdasarkan data
percobaan dalam grafik
percobaan dalam grafik
profesional
36
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan persamaan laju reaksi berdasarkan data
percobaan
percobaan
profesional
37
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan orde reaksi berdasarkan data percobaan laju reaksi
profesional
38
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan Kc dalam re aksi
kesetimbangan berdasarkan data konsentasi pereaksi dan
hasil reaksi
kesetimbangan berdasarkan data konsentasi pereaksi dan
hasil reaksi
profesional
39
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan hsl percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi
pergeseran arah kesetimbangan ( meliputi faktor suhu, tekanan, konsentrasi
dan volume)
pergeseran arah kesetimbangan ( meliputi faktor suhu, tekanan, konsentrasi
dan volume)
profesional
40
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan jenis larutan sesuai dengan data harga pH beberapa
larutan
larutan
profesional
41
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Memperkirakan pH larutan berdasarkan trayek pH indikator (0)
profesional
42
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menghitung kadar zat dalam suatu produk berdasarkan data
penelitian melalui titrasi asam basa
penelitian melalui titrasi asam basa
profesional
43
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan garam yang terhidrolisis dari campuran larutan asam
dan basa
dan basa
profesional
44
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan pH larutan penyangga
profesional
45
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan keadaan kesetimbangan zat padat dan larutan
dalam suatu sistem
dalam suatu sistem
profesional
46
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menghitung penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,
penurunan titik beku dan tekanan osmosis berdasarkan data percobaan
penurunan titik beku dan tekanan osmosis berdasarkan data percobaan
profesional
47
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan rumus kimia dan konsentrasi larutan berdasarkan data
sifat koligatif larutan larutan lain
sifat koligatif larutan larutan lain
profesional
48
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan jenis-jenis koloid berdasarkan fasa pendispersi dan
terdisersinya
terdisersinya
profesional
49
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur golongan gas
mulia dan halogen
mulia dan halogen
profesional
50
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur golongan
alkali dan alkali tanah
alkali dan alkali tanah
profesional
51
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menentukan Sifat fisika dan Kimia Unsur-unsur periode ke 3
profesional
52
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan Sifat fisika dan kimia unsur transisi periode
keempat
keempat
profesional
53
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menjelaskan kegunaan senyawa halo alkana
profesional
54
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menganalisis sifat senyawa alkohol dan eter
profesional
55
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menganalisis sifat senyawa asam karboksilat dan ester
profesional
56
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
meliputi struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya
secara fleksibel
Menentukan senyawa turunan benzen
profesional
57
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori kimia meliputi
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara
fleksibel
Menjelaskan struktur, tatanama dan penggolongan polimer
profesional
58
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan
keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah
keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah
Menentukan simbol pada botol yang berisi suatu zat
profesional
59
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran kimia
mendukung mata pelajaran kimia
Merancang eksperimen kimia untuk keperluan pembelajaran atau
penelitian.
penelitian.
Menentukan variabel-variabel pada keterampilan proses sebagai
dasar pengembangan eksperimen
dasar pengembangan eksperimen
profesional