Breaking

Monday, September 10, 2018

Ruang Lingkup Kajian Filsafat Pendidikan

Filsafat pendidikan merupakan cabang filsafat yang berusaha untuk memahami pendidikan secara lebih mendalam, menafsirkannya dengan menggunakan konsep-konsep umum yang dapat menjadi petunjuk atau arah bagi tujuan-tujuan dan kebijakan pendidikan. Sebagai cabang filsafat, pemikiran filsafati terhadap pendidikan juga mempunyai ciri spekulatif, preskritif, dan analitik.

Filsafat dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena filsafat mengandung hal-hal yang seharusnya dilaksanakan di dalam praktik pendidikan, demikian pula praktik pendidikan dapat menjadi bahan pemikiran reflektif mengenai pendidikan.

Manfaat belajar filsafat pendidikan lebih bersifat manfaat teoritis, bukan praktis-teknis, yaitu agar para peserta didik (mahasiswa) terbiasa untuk memahami persoalan hakiki pendidikan secara kritis, terbuka dan reflektif.

Hal-hal yang menjadi kajian filsafat pendidikan sangat luas cakupannya, yaitu:

1. Merumuskan secara tegas sifat hakiki pendidikan

2. Merumuskan hakikat manusia sebagai subjek dan objek pendidikan.

3. Merumuskan hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan

4. Merumuskan hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan dan teori pendidikan.

5. Merumuskan hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidikan)

6. Merumuskan sistem nilai dan norma atau isi moral pendidikan yang menjadi tujuan pendidikan.