Breaking

Thursday, April 9, 2020

Catatan Akademik dan Nilai Karakter

Format Catatan Akademik

Semester 1-5:
Ananda perlu meningkatkan kompetensi pada mata pelajaran ...., .... dan .... sebagai bekal pembelajaran pada semester berikutnya.
Semester 6:
Ananda cukup dalam kompetensi pada mata pelajaran ..., ..., dan ...

Pada titik-titik diisi 3 Nilai Akhir terendah (otomatis tampil)


Format Nilai Karakter

A.  Deskripsi Perkembangan Karakter
No
Karakter yang dibangun
Deskripsi
1
Integritas
Ananda memiliki pola hidup bermasyarakat yang sangat baik di lingkungan sekolah
Ananda memiliki pola hidup bermasyarakat yang baik di lingkungan sekolah
2
Religius
Ananda menunjukkan ketakwaan pada agama yang dianutnya dan memiliki sikap sangat toleran pada penganut agama yang berbeda
Ananda menunjukkan ketakwaan pada agama yang dianutnya dan memiliki sikap toleran pada penganut agama yang berbeda
3
Nasionalis
Ananda memiliki sikap disiplin dan tanggungjawab yang sangat baik serta aktif dalam mengikuti upacara di sekolah
Ananda memiliki sikap tanggungjawab yang baik serta aktif dalam mengikuti upacara di sekolah
4
Mandiri
Ananda sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas
Ananda aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas
5
Gotong-royong
Ananda menunjukkan sikap sangat menghormati pendapat orang lain dalam musyawarah serta gotong royong dalam kegiatan bakti sosial di lingkungan sekolah
Ananda menunjukkan sikap menghormati pendapat orang lain dalam musyawarah serta gotong royong dalam kegiatan bakti sosial di lingkungan sekolah

B.  Catatan Perkembangan Karakter
Ananda menunjukkan perkembangan karakter yang baik pada pembelajaran semester ini. Serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ditekuninya dengan sangat baik
Ananda menunjukkan perkembangan karakter yang baik pada pembelajaran semester ini. Serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ditekuninya dengan baik

Catatan:
1. Pada tabel diatas Nilai karakter dikategorikan menjadi 2, Wali Kelas berperan memilih nilai karakter yang sesuai dengan peserta didik
2. Bagi peserta didik yang tidak  mengikuti ekstrakurikuler, maka deskripsi ektrakurikuler tidak perlu dicantumkan
3. Bagi peserta didik yang memiliki prestasi lain, Wali Kelas dapat menambahkan deskripsi sendiri