LKOTB (Lembar Kegiatan On The Blog) |
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan reaksi kesetimbangan di dalam hubungan antara pereaksi dan hasil reaksi
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menganalisis analogi kesetimbangan dinamis
- Siswa dapat menganalisis reaksi kesetimbangan timbal sulfat dengan kalium iodida
- Siswa dapat menjelaskan reaksi kesetimbangan dinamis yang terjadi berdasarkan hasil pengamatan
Materi Pembelajaran
Alat dan Bahan
- Botol bekas transparan
- Air hangat
Langkah Kerja
- Bersihkan sebuah botol bekas yang transparan dan masukkan air hangat separuhnya, biarkan bagian atas tidak terisi selanjutnya tutup rapat botol tersebut
- Diamkan dan amati pembentukan uap air hingga sebagiannya mengembun pada bagian botol yang tidak terisi air
- Catat pengamatanmu pada lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
No | Pengamatan | Hasil Pengamatan |
1 | Apakah air hangat dalam botol menguap | ..... |
2 | Apakah jika dibiarkan beberapa lama sebagian uap aor (jika menguap) mengembun dan menempel pada bagian botol yang tidak terisi air? | ..... |
3 | Pada saat kita menghilangkan embun tersebut dengan cara menjentiknya atau sedikit menggoyangkan botolnya dan selanjutnya kita diamkan kembali agak lama (1/2 hingga 1 hari) maka pada bagian tersebut akan terbentuk embun kembali | ..... |
Pembahasan
- Dari manakah asal embun yang menempel pada bagian botol yang tidak terisi air?
- Penguapan adalah perubahan wujud air dar wujud ........ menjadi .........
- Jika secara kimia air ditulis sebagai: H2O (l) dan uap air sebagai: H2O (g). (l = liquid (cair) dan g = gas), maka reaksi penguapan air dan pengembunan uap air kembali dapat dituliskan menjadi:
- Pada saat kita diamkan agak lama setelah kita menghilangkan embun yang menempel pada bagian yang tidak terisi air, maka apakah embun tersebut terbentuk kembali?
- Jika demikian, kesimpulan apakah yang bisa kita ambil terkait peristiwa penguapan air? apakah proses penguapan ada saatnya behenti?
Jawab: ..........................
Jawab: ...............⇄...........
(Catatan: Konsep ini hanyalah sekedar untuk memudahkan mempelajari konsep kesetimbangan kimia)
Jawab: ..........................
Jawab: Karena embun terbentuk kembali/tidak terbentuk kembali (coret sesuai yang kalian dapatkan), maka dapat disimpulkan pada saat telah terjadi kesetimbangan uap air dalam botol ternyata reaksi penguapan tidak berhenti / berhenti (coret sesuai yang kalian dapatkan)
Kesimpulan
- .....................
- .....................
- .....................
- dst.
Galeri Foto Kegiatan
- .....................
- .....................
- .....................
- dst.