Breaking

Sunday, November 8, 2020

LKOTB - Identifikasi Keadaan Kesetimbangan

LKOTB (Lembar Kegiatan On The Blog)

Kompetensi Dasar

3.8 Menjelaskan reaksi kesetimbangan di dalam hubungan antara pereaksi dan hasil reaksi

Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menganalisis analogi kesetimbangan dinamis
  2. Siswa dapat menganalisis reaksi kesetimbangan timbal sulfat dengan kalium iodida
  3. Siswa dapat menjelaskan reaksi kesetimbangan dinamis yang terjadi berdasarkan hasil pengamatan
Materi Pembelajaran

Alat dan Bahan
  1. Botol bekas transparan
  2. Air hangat
Langkah Kerja
  1. Bersihkan sebuah botol bekas yang transparan dan masukkan air hangat separuhnya, biarkan bagian atas tidak terisi selanjutnya tutup rapat botol tersebut
  2. Diamkan dan amati pembentukan uap air hingga sebagiannya mengembun pada bagian botol yang tidak terisi air
  3. Catat pengamatanmu pada lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
No Pengamatan Hasil Pengamatan
1 Apakah air hangat dalam botol menguap .....
2 Apakah jika dibiarkan beberapa lama sebagian uap aor (jika menguap) mengembun dan menempel pada bagian botol yang tidak terisi air? .....
3 Pada saat kita menghilangkan embun tersebut dengan cara menjentiknya atau sedikit menggoyangkan botolnya dan selanjutnya kita diamkan kembali agak lama (1/2 hingga 1 hari) maka pada bagian tersebut akan terbentuk embun kembali .....
Pembahasan
  • Dari manakah asal embun yang menempel pada bagian botol yang tidak terisi air?
  • Jawab: ..........................

  • Penguapan adalah perubahan wujud air dar wujud ........ menjadi .........
  • Jika secara kimia air ditulis sebagai: H2O (l) dan uap air sebagai: H2O (g). (l = liquid (cair) dan g = gas), maka reaksi penguapan air dan pengembunan uap air kembali dapat dituliskan menjadi:
  • Jawab: ...............⇄...........

    (Catatan: Konsep ini hanyalah sekedar untuk memudahkan mempelajari konsep kesetimbangan kimia)

  • Pada saat kita diamkan agak lama setelah kita menghilangkan embun yang menempel pada bagian yang tidak terisi air, maka apakah embun tersebut terbentuk kembali?
  • Jawab: ..........................

  • Jika demikian, kesimpulan apakah yang bisa kita ambil terkait peristiwa penguapan air? apakah proses penguapan ada saatnya behenti?
  • Jawab: Karena embun terbentuk kembali/tidak terbentuk kembali (coret sesuai yang kalian dapatkan), maka dapat disimpulkan pada saat telah terjadi kesetimbangan uap air dalam botol ternyata reaksi penguapan tidak berhenti / berhenti (coret sesuai yang kalian dapatkan)

Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa saya peroleh dari kegiatan ini:
  1. .....................
  2. .....................
  3. .....................
  4. dst.
Galeri Foto Kegiatan
  1. .....................
  2. .....................
  3. .....................
  4. dst.