PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA
1. DATA
Data adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, penelitian
yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.
yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.
contoh:
a. data tinggi badan kelas VI SD
b. data berat badan kelas VI SD
c. data nilai ulangan harian
matematika kelas VI SD
d. dll
2. Penyajian Data
Perhatikan contoh berikut
Siswa kelas VI SD Pelita Jaya sedang melaksanakan ulangan matematika. Dari 24 siswa diperoleh hasil ulangan
setiap siswa sebagai berikut:
setiap siswa sebagai berikut:
8 7 6 5 9 8 8 6
6 8 9 7 8 6 5 8
8 6 7 7 8 5 6 7
Perhatikan bahwa data tersebut berupa data acak. Oleh karena itu, data yang tersebut perlu diurutkan dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Setelah diurutkan, maka data di atas akan menjadi
5 5 5 6 6 6 6 6 6 7 7 7
7 7 8 8 8 8 8 8 8 8 9 9
2.1. Tabel
Data yang sudah diurutkan tadi dapat disajikan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini:
Data yang sudah diurutkan tadi dapat disajikan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini:
Nilai Matematika Kelas VI
SD PElITA JAYA
Dari data tersebut nampak bahwa
a. Siswa yang mendapat nilai 5 berjumlah 3 orang
b. Siswa yang mendapat nilai 6 berjumlah 6 orang
c. Siswa yang mendapat nilai 7 berjumlah 5 orang
d. Siswa yang mendapat nilai 8 berjumlah 8 orang
e. Siswa yang mendapat nilai 9 berjumlah 2 orang
f. Total siswa kelas VI SD Pelita Jaya yang mengikuti ujian matematika berjumlah 24 orang
2.2 Diagram Gambar
data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram gambar seperti di bawah ini
data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram gambar seperti di bawah ini
Nilai Matematika Kelas VI
SD PElITA JAYA
2.3 Diagram garis
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram garis seperti di bawah ini:
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram garis seperti di bawah ini:
Nilai Matematika Kelas VI
SD PElITA JAYA
2.4. Diagram batang
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram batang seperti di bawah ini:
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram batang seperti di bawah ini:
Nilai Matematika Kelas VI
SD PElITA JAYA
2.5. Diagram lingkaran
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Untuk membuat diagram lingkaran, kita perlu tahu dulu bagaimana derajat sudut per nilai di dapat. Aturan yang digunakan adalah sebagai berikut :
Data tentang nilai Matematika kelas VI SD Pelita Jaya dapat juga disajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Untuk membuat diagram lingkaran, kita perlu tahu dulu bagaimana derajat sudut per nilai di dapat. Aturan yang digunakan adalah sebagai berikut :
dengan demikian diperoleh hasil sebagai berikut:

dari tabel tersebut maka dapat dibentuk diagram lingkaran seperti di bawah ini:
Nilai Matematika Kelas VI
SD PElITA JAYA
SD PElITA JAYA
3. Pengolahan data
Agar data yang disajikan mudah dipahami seseorang perlu ditentukan suatu pemusatan data. Ukuran pemusatan data yang sering digunakan antara lain
3.1. Mean (rata-rata)
%5C,%5C,+%3D+%5C,%5C,%5Cfrac%7B%7Bjumlah%5C,%5C,seluruh%5C,%5C,data%7D%7D%7B%7Bbanyaknya%5C,%5C,%5C,data%7D%7D)
pada contoh Nilai matematika SD Pelita jaya, diperoleh jumlah total nilai
= 5 + 5 + 5 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 +
8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 9 +9
= 168
banyaknya siswa = 24
%5C,%5C,+%3D+%5C,%5C,%5Cfrac%7B%7Bjumlah%5C,%5C,seluruh%5C,%5C,nilai%7D%7D%7B%7Bbanyaknya%5C,%5C,%5C,siswa%7D%7D)

3.2. Median (nilai tengah)
untuk mencari median, ada aturan main yang berlaku, yakni:
a. Bila data ganjil, median berada di tengah setelah data diurutkan.
b. Bila data genap, median ditentukan dengan menjumlahkan 2 data ditengah
dan selanjutnya hasilnya dibagi dua
Pada contoh nilai matematika kelas VI SD Pelita Jaya, banyaknya data 24
(genap). Maka median berada di antara data ke -12 dan data ke-13. maka

3.3. Modus (nilai yang paling banyak/sering muncul)
Pada data nilai matematika kela VI SD Pelita Jaya, nilai yang paling banyak muncul
adalah 8. Sehingga Modus = 8
Agar data yang disajikan mudah dipahami seseorang perlu ditentukan suatu pemusatan data. Ukuran pemusatan data yang sering digunakan antara lain
3.1. Mean (rata-rata)
pada contoh Nilai matematika SD Pelita jaya, diperoleh jumlah total nilai
= 5 + 5 + 5 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 +
8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 9 +9
= 168
banyaknya siswa = 24
3.2. Median (nilai tengah)
untuk mencari median, ada aturan main yang berlaku, yakni:
a. Bila data ganjil, median berada di tengah setelah data diurutkan.
b. Bila data genap, median ditentukan dengan menjumlahkan 2 data ditengah
dan selanjutnya hasilnya dibagi dua
Pada contoh nilai matematika kelas VI SD Pelita Jaya, banyaknya data 24
(genap). Maka median berada di antara data ke -12 dan data ke-13. maka
3.3. Modus (nilai yang paling banyak/sering muncul)
Pada data nilai matematika kela VI SD Pelita Jaya, nilai yang paling banyak muncul
adalah 8. Sehingga Modus = 8